Thursday, March 2, 2017

Kenapa Daya Hisap Pompa Asi Spectra Menurun?

Kekuatan hisap pompa asi menurun dan tidak seperti biasanya???? Mengapa???
Apakah valve atau silicone head (di Korea benda ini disebut Silicone Head)?
Jika motor adalah bagian terpenting dari spare part sebuah pompa asi, maka Valve merupakan bagian terpenting dari aksesoris sebuah pompa asi.
Valve memiliki peranan dalam menjaga kekuatan hisap sebuah pompa asi dan bertugas juga untuk merelease atay melepas asi hasil perahan ke dalam botol penampung. Dalam kata lain, valve memiliki tugas terberat setelah motor pada sebuah pompa asi.
Valve terbuat dari bahan silicone atau karet medical grade BPA free. Bagian ujungnya dibuat setipis mungkin dan selembut mungkin untuk mendukung gerakan vacuum dan massage. Dari sisi teknis, semakin tipis dan lembut sebuah valve maka gerakan vibrasi massage untuk memancing LDR akan SEMAKIN BAIK. Konsekuensinya resiko kerusakan pada valve akan semakin besar karena valve akan menjadi sangat sensitive terutama saat pencucian, pelepasan dan pemasangan.
Kerusakan pada valve juga bisa terjadi karena panas. Panas akan mengakibatan hilangnya elastisitas dan akan membuat valve memuai sehingga akan ada pada suatu waktu valve akan jatuh kedalam botol saat pumping.
Valve pasti akan rusak dan pasti akan diganti. Umur pemakaiannya tergantung dari pemakainya dan lama pemakaian. Penggunaan kekuatan vacuum yg tinggi juga dapat memancing kerusakan pada valve. Dalam kata lain valve memiliki umur pakai yang tidak dapat diprediksi.
Penyebab utama valve rusak adalah sobek akibat tersodok sikat selang.
Apakah valve pada setiap pompa asi Spectra adalah sama? Karena ada sebagian bunda yang valvenya awet dan ada sebagian yang kurang awet? Semua valve adalah sama.
Bagaimanakah perawatan yg baik?
Usahakan setelah pumping, corong set (including valve) dialirkan air atau direndam untuk mencegah terjadinya gumpalan asi. Pencucian valve dapat dilakukan dengan menggunakan jari atau dengan mengocok2 valve dengan air sabun. Bilaslah dengan cari mengocok2 kembali atau alirkan air secara perlahan ke dalam valve dan lakukan sterilisasi.

Sumber : spectrababy indonesia


1 comment:

  1. The power of the entire device depends on one such small valve and when it malfunctions, an incredibly many different problems arise.

    ReplyDelete

"Terima kasih telah berkunjung di blog Shafa Rental Pump. Silahkan tinggalkan komentar."